Evaluasi Keterpakaian Koleksi Referensi di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Buton

Azaz Akbar

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keterpakaian koleksi referensi di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Buton. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan penelitian deskriptif yakni untuk mendeskripsikan data akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat hubungan antara fenomena yang diselidiki. Dengan metode kuantitatif yakni untuk mengungkap keterpakaian koleksi referensi di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Buton dengan cara mencatat dan menjumlahkan koleksi referensi yang terpakai selama waktu penelitian dilakukan kemudian dideskripsikan. Hasil analisa menunjukkan bahwa keterpakaian koleksi referensi di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Buton  berdasarkan penelitian yang dilakukan jika ditinjau dari segi pemanfaatan masih tergolong rendah dimana koleksi referensi indeks dan abstrak, bibliografi, direktori dan almanak dalam penelitian yang dilakukan selama 3 (tiga) Minggu disesuaikan dengan jam kerja tidak pernah digunakan. Sedangkan koleksi referensi yang paling tinggi keterpakaiannya masuk dalam kelompok referensi ensiklopedi yaitu dari 86 judul (100 %) telah terpakai 23 judul (27 %)  dan koleksi yang tidak terpakai berjumlah 63 judul (73 %) selama 3 (tiga) Minggu disesuaikan dengan jam kerja

Keywords


Koleksi Referensi; Perpustakaan

Full Text:

PDF

References


Buku

Lasa Hs. (2009). Kamus Istilah Kepustakawan Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

P, Sumardji. (1992). Pelayanan Referensi di Perpustakaan. Yogyakarta : Kanisius.

Sugiyono. (2010).Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif R dan D. Bandung : Alfabeta.

Artikel Jurnal

Muhammad Azwar. (2015). Pemanfaatan Jurnal elektronik Sebagai Referensi dalam penulisan Skripsi di Institusi Pertanian Bogor. Jurnal Perpustakaan Stain Kudus, 2 (2)

Anisa Listiana. (2014). Sumber dan Piranti Referensi dalam Membangun Karakter Studi Islam (Menelusuri Pustaka Bibliografi Barat dalam Studi Islam). Jurnal Perpustakaan Stain Kudus, 2(2)

Khoirul Muslaha. (2015). Evaluasi Pemanfaatan Koleksi Perpustakaan dengan Menggunakan Analisis Sitasi Terhadap Skripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Tahun 2011 di Pusat Perpustakaan IAIN Surakarta, Jurnal Perpustakaan Stain Kudus, 2 (2)

Jonner Hasugian. (2005). Analisis Sitiran Disertasi Program Doktor (S-3) Ilmu Kedokteran Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatera Utara, Jurnal Studi Perpustakaan dan Informasi, 1 (2)

Saufa,A.F., & Wahyu, J. (2017). Evaluasi Sistem Temu Kembaliu Informasi KOHA di Perpustakaan Muhammadiyah Surakarta. Khizanah al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, 5 (2).




DOI: https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v10i1.1301

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pustakaloka

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal Indexed by: