Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Muslim Heritage?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Muslim Heritage merupakan jurnal yang mewadahi peminat dialog Islam dengan ralitas dengan sistem open access. Adapun karya ilmiah yang akan dipertimbangkan untuk dimuat dalam Muslim Heritage adalah yang memenuhi persyaratan dan acuan berikut:

  1. Artikel adalah karya orisinal dan belum pernah dipublikasikan dalam jurnal ilmiyah atau buku. Judul artikel sesuai dengan tema pada masing-masing nomor sebagaimana tersebut di atas.
  2. Jumlah halaman antara 18-20 untuk artikel diketik dengan spasi 1,5 pada kertas ukuran A4 (21 cm x 29,7 cm) dengan font Time New Roman dan Time new Arabic (untuk kata-kata/bahasa Arab) dengan font 12 sesuai Tamplate yang tersedia.
  3. Setiap bahasa asing dan bahasa daerah, selain nama orang dan tempat, serta  yang belum terserap dan terbakukan dalam Bahasa Indonesia ditulis dengan cetak miring (italic); khusus kata Arab ditulis italic dengan font Time New Arabic dan mengikuti pedoman transliterasi.
  4. Batang Tubuh Naskah, adalah sebagai berikut:
    a. Judul naskah (spesifik dan efektif, maksimal 14 kata)
    b. Nama penulis naskah (tanpa gelar akademik, disertai keterangan instansi/perguruan tinggi, alamat yang bisa dihubungi, alamat email untuk korespondensi, serta No. Tlp./HP).
    c. Abstrak (satu paragraf, satu spasi, antara 150 s/d 200 kata dalam dua bahasa; bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, menggambarkan esensi keseluruhan tulisan, dan kata kunci).
    d. Kata kunci/Keywords (maksimal 5 kata yang mencerminkan konsep pokok dari artikel yang bersangkutan)
    e. Pendahuluan (berisi latar belakang artikel)
    f. Pembahasan (tanpa sub judul besar yang berbunyi “Pembahasan”, tapi langsung dirinci kepada sub-sub judul inti dari artikel yang bersangkutan)
    g. Penutup
    h. Daftar pustaka

      Teknik penulisan catatan kaki menggunakan aplikasi Zotero dengan model Chicago Manual of Style Full Note, sebagaimana contoh berikut:

a.  Buku:

     Oemar Seno Adji, Peradilan Bebas Negara Hukum (Jakarta: Erlangga, 1985), 34.

     Ibid., 36.

b.  Buku Terjemahan:

     Muhammad Khalid Mas'ud, Filsafat Hukum Islam: Studi tentang Hidup dan Pemikiran Abu Ishaq al-Syathibi, terj. Ahsin Muhammad (Bandung: Pustaka, 1996), 240.

c.  Artikel dalam Buku atau Ensiklopedi:

     Abdus Subhan, “Social and Religious Reform Movements in the 19th Century Among the Muslims,” dalam Social and Religious Movements, ed. S. P. Sen (Calcutta: Institute of Historical Studies, 1979), 34.

     Fazlur Rahman, “Revival and Reform in Islam,” dalam The Cambridge History of Islam, vol. 2, ed. P. M. Holt et. al. (Cambridge: Cambridge University Press, 1970), 34.

d.  Artikel dalam Jurnal:

     George Makdisi, “The Hanbali School and Sufism,” Humaniora Islamica, 2 (Januari, 1974), 61.

e.  Artikel dalam Surat Kabar dan Media Online:

     Lukman Santoso Az, “Hukum yang Memahami Realitas,” Media Indonesia, 2 Oktober 2012, 4.

     Muhammad, “Ekonomi Islam: Redefinisi Sistem, Ilmu dan Metodologi”, dikutip dari http://www.msi-uii.net/-artikel108/accessed 29 Oktober 2004.

f.  Kitab Suci:

QS. al-Baqarah: 12.

g. Skripsi, Tesis, dan Disertasi:

     Mukhlis, Corak Pemikiran Hamka tentang Pluralitas Agama  (Rekonstruksi dari Tafsir  Al-Azhar), Tesis (Yogyakarta: IAIN Sunan Kalijaga, 2000), 25.

Tata Tulis lainnya yang harus diperhatikan adalah:

  1. Bila referansi terkutip ulang berselang oleh satu atau lebih referensi berbeda, maka cukup tulis nama terakhir pengarang, selanjutnya kata awal judul dari referensi dimaksud. Misalnya: Zahra, Us}u>l Fiqh, 35.
  2. Bila mengutip ulang referensi yang sama secara berurut, maka cukup tulis: Ibid. Jika berbeda halamannya,  cukup tambahkan nomor halamannya: Ibid., 14.
  3. Penulisan daftar pustaka juga menggunakan Chicago Manual of Style dilakukan dengan menyebut nama akhir penulis, judul buku, kota, penerbit, dan tahun, kemudian mengurutkannya secara alfabetis, seperti contoh berikut:

Madjid, Nurcholish. Islam Doktrin dan Peradaban, Cet. 2. Jakarta: Yayasan Wakaf Paramadina, 2004.

Rusyd, Ibn. Bida>yat al-Mujtahid fi> Niha>yat al-Muqtas}id. Semarang: Usaha Keluarga, t.th.

Siregar, A. Rivay. Tasawuf dari Sufisme Klasik ke Neo-Sufisme. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 200.

 

Penerimaan dan Seleksi Naskah

Ketentuan penerimaan dan seleksi naskah adalah sebagai berikut:

1. Setiap artikel akan diseleksi dan dinilai oleh tim penyunting dengan melibatkan pakar terkait di bidangnya

2. Setelah naskah diseleksi, penulis akan mendapatkan informasi tentang status artikelnya dengan kategori: diterima tanpa revisi, diterima dengan revisi, atau ditolak.Keputusan tim penyunting tidak dapat diganggu gugat.

3. Bagi penulis yang artikelnya dinyatakan diterima atau diterima dengan revisi dan telah dilakukan revisi, tinggal menunggu urutan jadwal terbit jurnal.

4. Penulis yang artikelnya dimuat berhak mendapatkan 5 eksemplar jurnal dan 5 cetak lepas. Bagi yang dari luar Ponorogo, jurnal akan dikirim ke alamat yang bersangkutan.

5. Tulisan dikirim melalui submit system di laman http://jurnal.stainponorogo.ac.id/index.php/muslimheritage/index atau di email ke alamat: muslim.heritage@stainponorogo.ac.id dalam bentuk soft file dengan menggunakan attachment file dan dalam subjek email disertai nama penulis, dan asal lembaga.

PEDOMAN TRANSLITERASI

Sistem transliterasi Arab-Indonesia yang dipedomani dalam penulisan jurnal Muslim Heritage adalah sistem Institute of Islamic Studies, McGill University, yaitu sebagai berikut:

Huruf

ء

=

 

ز

=

z

 

ق

=

q

ب

=

b

 

س

=

s

 

ك

=

k

ت

=

t

 

ش

=

sh

 

ل

=

l

ث

=

th

 

ص

=

s}

 

م

=

m

ج

=

j

 

ض

=

d}

 

ن

=

n

ح

=

h}

 

ط

=

t}

 

و

=

w

خ

=

kh

 

ظ

=

z}

 

ه

=

h

د

=

d

 

ع

=

 

ي

=

y

ذ

=

dh

 

غ

=

gh

 

 

 

 

ر

=

r

 

ف

=

f

 

 

 

 

 

Ta>’ marbu>t}a tidak ditampakkan kecuali dalam susunan ida>fa, huruf tersebut ditulis t. Misalnya:  فطانة   = fat}a>na;  فطانة النبي = fat}a>nat al-nabi>

Diftong dan Konsonan Rangkap

او

=

aw

 

أي

=

ay

 

Konsonan rangkap ditulis rangkap, kecuali huruf waw  yang didahului d}amma dan huruf ya>’ yang didahului kasra  seperti tersebut dalam tabel.

Bacaan Panjang

ا

=

a>

 

اي

=

i>

 

او

=

u>

Kata Sandang

ال

=

al-

 

الش

=

al-sh

 

وال

=

wa al-

 

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang aktif digunakan dalam korespondensi dan mengakses online Jurnal Muslim Heritage akan dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk kepentingan apapun kecuali memperoleh ijin dari pemilik akun.

 

Author Fees

This journal charges the following author fees.

: 0.00 (IDR)

dalam penulis tidak dikenakan biaya

: 0.00 (IDR)

dalam penerbitan artikel penulis tidak dikenakan biaya