Editorial Policies

Focus and Scope

Fokus dan Ruang Lingkup Muslim Heritage; Jurnal Dialog Islam dengan Realitas adalah kajian konseptual dan penelitian keIslaman seputar  isu-isu kontemporer dengan pendekatan interdisipliner, seperti: antropologi, pendidikan, ekonomi, sosiologi, hukum, dll.

 

 

Section Policies

Artikel

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Setiap artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Muslim Heritage melalui proses double-blind peer-review oleh Mitra Bebestari/Penyunting Ahli Jurnal Muslim Heritage.

Artikel yang disubmit direview oleh tim redaksi sebagai proses awal. Tim Redaksi akan mengevaluasi tingkat kelayakan konten, fokus, dan metodologi dalam artikel. Artikel-artikel tersebut kemudian dikirim ke satu reviewer pada posisi Double Blind Review. Catatan dari reviewer kemudian dikirimkan kembali kepada penulis untuk disesuikan dengan standar penulisan jurnal. Keputusan naskah revisi akan kembali dievaluasi dalam rapat dewan redaksi. Nantinya, keputusan rapat akhir akan kembali disosialisakan ke penulis.

Penyunting Muslim Heritage bertanggungjawab memutuskan mana dari artikel-artikel yang diserahkan harus diterbitkan. Validasi karya tersebut dan arti pentingnya bagi peneliti dan pembaca harus selalu mendorong keputusan tersebut. Para penyunting dapat dipandu oleh kebijakan dewan penyunting jurnal dan dibatasi oleh ketentuan hukum sebagaimana yang harus ditegakkan menyangkut pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta, dan penjiplakan (plagiarism). Penyunting dapat berunding dengan penyunting yang lain atau tim penilai dalam membuat keputusan ini.

Untuk Anti Plagiasi Menggunakan Viper Plagiarism Scanner

 

Publication Frequency

Terbit 2 kali dalam setahun pada bulan Mei dan November

 

Open Access Policy

Jurnal ini menyediakan akses secara terbuka (open acsess) yang pada prinsipnya mempublikasikan hasil riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport korespondensi ilmu pengetahuan secara global.

• Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)

 

Publication Ethics

Muslim Heritage: Jurnal Dialog Islam dengan Realitas adalah jurnal yang ditelaah secara peer review  dan diterbitkan oleh Pascasarjana IAIN Ponorogo bekerjasama dengan Asosiasi Dosen Pascasarjana. Terbit dua kali dalam setahun pada bulan Mei dan November. Berikut adalah standar perilaku etis yang digunakan dalam jurnal ini. Kode Etik ini diharapkan dipatuhi oleh semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan jurnal: yaitu penulis, pengelola jurnal (penyunting), mitra bestari (reviewer) dan penerbit.

 

Tanggungjawab Penyunting (editor)

  1. Penyunting bertanggungjawab dalam memutuskan artikel yang layak dipublikasikan melalui rapat dewan penyunting. Penyunting dipandu oleh kebijakan dewan penyunting jurnal dan dibatasi oleh persyaratan hukum yang berlaku mengenai pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta dan plagiarisme.
  2. Dalam proses penerimaan artikel, tim penyunting berasaskan pada asas kesamaan perlakuan.
  3. Dalam proses review jurnal dan pengambilan keputusan publikasi (artikel), tim penyunting tidak membedakan ras, jenis kelamin, agama, etnis, kewarganegaraan, atau ideologi politik penulis.
  4. Penyunting dan tim penyunting tidak akan mengungkapkan setiap informasi tentang naskah atau artikel yang masuk kecuali atas izin penulisnya.
  5. Naskah (artikel) yang tidak diterbitkan setelah diajukan tidak akan digunakan oleh penelitian penyunting sendiri dan akan dikembalikan langsung kepada penulisnya.

Tanggungjawab Penyunting Ahli (Reviewer)

Reviewer membantu penyunting dalam membuat keputusan penyuntingan terhadap naskah/artikel yang masuk

  1. Reviewer bertanggungjawab terhadap rekomendasi arikel yang direview
  2. Review  naskah dilakukan secara obyektif, dan didukung oleh argumentasi yang jelas.
  3. Reviewer bertanggungjawab terhadap kutipan, referensi, dan plagiarisme atas artikel yang direview.
  4. Reviewer menjaga kerahasiaan informasi untuk keuntungan pribadi.

 Tanggungjawab Penulis (Author)

  1. Penulis harus menyajikan artikel hasil pemikiran atau penelitiannya secara jelas, jujur, dan tanpa plagiasi, dan manipulasi data.
  2. Penulis bertanggungjawab atas konfirmasi yang diajukan atas artikel yang telah ditulis.
  3. Penulis harus mematuhi persyaratan publikasi berupa orisinalitas karya, tidak plagiat, dan belum pernah diterbitkan di jurnal atau publikasi lain.
  4. Penulis harus menunjukkan rujukan dari pendapat dan karya orang lain yang dikutip
  5. Penulis harus menulis naskah atau artikel secara etis, jujur dan bertanggung jawab, sesuai dengan peraturan kepenulisan ilmiah yang berlaku.
  6. Penulis dilarang mengirimkan/menerbitkan artikel yang sama ke lebih dari satu jurnal atau publikasi.
  7. Penulis tidak berkeberatan jika naksah mengalami penyuntingan tanpa mengubah subtansi atau ide pokok tulisan.

 Tanggungjawab Penerbit (Publisher)

  1. Pascasarjana IAIN Ponorogo sebagai penerbit Muslim Heritage: Jurnal Dialog Islam dengan Realitas bertanggungjawab menerbitkan artikel yang setelah melalui proses editing, peer review, layout sesuai dengan aturan penerbitan Jurnal Ilmiah.
  2. Pascasarjana IAIN Ponorogo sebagai penerbit Muslim Heritage: Jurnal Dialog Islam dengan Realitas bertanggungjawab menjamin kebebasan akademik bagi para penyunting dan reviewer dalam menjalankan tugasnya maisng-masing.
  3. Pascasarjana IAIN Ponorogo sebagai penerbit Muslim Heritage: Jurnal Dialog Islam dengan Realitas bertanggungjawab menjaga privasi dan melindungi kekayaan intelektual dan hak cipta, dan kebebasan penyuntingan.

 

Ketepatan

Setiap reviewer yang dipilih namun merasa tidak memenuhi syarat untuk mereview naskah yang diberikan oleh penyunting atau sama sekali di luar kompetensinya harus segera menolak dan tidak melakukan proses review. Apabila mengetahui  pakar lain yang lebih sesuai, dapat merekomendasikan penyunting untuk meminta pakar tersebut sebagai mitra bebestari.

Standar Objektivitas

Proses review naskah harus dilakukan secara objektif. Kritik pribadi penulis merupakan hal yang tidak pantas dilakukan. Reviewer harus memberikan pandangan mereka dengan jelas dan disertai dengan argumen yang mendukung.

Pernyataan Sumber

Reviewer harus mengidentifikasi karya lain yang relevan yang belum dikutip oleh penulis. Setiap pernyataan yang merupakan hasil observasi, derivasi, atau argumen yang telah digunakan sebelumnya harus disertai dengan kutipan yang relevan. Mitra bestari atau reviewer juga harus mempertimbangkan adanya kesamaan substansial atau tumpang tindih antara naskah yang sedang dipertimbangkan dan makalah lain yang diterbitkan. Pengakuan yang tepat dari karya orang lain harus selalu diberikan. Penulis harus mengutip publikasi yang mempengaruhi penentuan sifat penelitian mereka.

 

 

Plagiarism Check

Muslim Heritage menggunakan VIPER PLAGIARISM SCANNER untuk mengoreksi naskah dan memastikan orisinalitasnya.

 

Reference Management

Dalam penulisan sitasi dan Daftar Pustaka, Muslim Heritage : Jurnal Dialog Islam dengan Realitas  menggunakan Software Manajemen Referensi Zotero