PENGARUH TINGKAT DEBT FINANCING DAN EQUITY FINANCING TERHADAP PROFIT EXPENSE RATIO PERBANKAN SYARIAH (MODEL SEQUENTION EXPLANATORY RESEARCH)

Ika Susilawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat debt financing dan equity financing  terhadap profit expense ratio bank syariah, yang nantinya akan digunakan untuk mengetahui seberapa besar komitmen bank syari’ah tersebut dalam ikut membangun perekonomian umat muslim. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan Metode Penelitian Kombinasi dengan Model Sequential Explanatory, dengan pendekatan Asosiatif. Hasil analisis adalah nilai thitung untuk debt  financing sebesar 3,490 dan untuk equity financing  sebesar 0,510. Karena 3,490 < 2,179 atau thitung < ttabel  maka H0 ada di daerah penolakan, artinya hubungan dan pengaruh yang terjadi antara variabel debt  financing dengan Profit Expense Rasio signifikan dan 0,510 > 2,179 atau thitung > ttabel maka H0 ada di daerah penerimaan, artinya hubungan dan pengaruh yang terjadi antara variabel equity financing dengan Profit Expense Rasio yang diberikan tidak signifikan. equity financing berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap profit expense ratio bank syariah. Hasil pengujian diperoleh nilai Fhitung sebesar 6,452 sedangkan Ftabel adalah sebesar 3,88 Jadi, H0 untuk menguji keberartian regresi linear berganda ini ada di daerah penolakan, artinya pengaruh dan hubungan antara variabel-variabel bebas; debt financing, equity financing dengan variabel tidak bebas yaitu profit expense ratio yang diberikan signifikan dan cukup berarti untuk dijadikan dasar kesimpulan dalam populasi yang diteliti. Untuk komitmen bank syari’ah terhadap perekonomian umat muslim, bias di lihat dari yeld bagi hasil nasabah per tahun. Rata-rata bagi hasil yang ditawarkan kedua bank syariah berkisar 5 sampai 8%, hal ini berarti Bank Muamalat dan BSM telah berhasil mencapai tujuan eksistensi mereka atas bagi hasil dan sebagai lembaga intermediary sudah menjalankan fungsinya dengan baik, yaitu telah berkontribusi dalam pembangunan kualitas umat muslim.

Keywords


Mixed metod, loss profit sharing, Murabahah, Mudharabah, Musyarakah

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21154/justicia.v13i2.611
Fatal error: Call to undefined function curl_init() in /home/sloki/user/h26204/sites/jurnal.stainponorogo.ac.id/www/lib/pkp/classes/webservice/WebService.inc.php on line 198