Urgensi Desain Pembelajaran Berbasis Soft Skill di Perguruuan Tinggi

Syahdara Anisa Makruf

Abstract

Pembelajaran berbasis soft skill dan hard skill merupakan hal sangat esensial di perguruan tinggi. Pembelajaran berbasis soft skill menekankan pada kemampuan intrapersonal dan interpersonal dan pembelajaran berbasis hard skill menekankan pada pembangunan intelektual yang langsung pada permasalahan. Persoalan yang sering muncul adalah masih banyak dosen yang mendesain pembelajarannya tidak berbasis pada soft skill. Penelitian ini dengan menggunakan pendekatan library research bermaksud mengkaji secara mendalam bagaimana desain pembelajaran di perguruan tinggi dengan menganalisis urgensi pembelajaran berbasis soft skill di perguruan tinggi, serta peran dosen dalam melaksanakan pembelajaran berbasis soft skill. Hasil penelitian menujukkan bahwa desain pembelajaran di perguruan tinggi adalah dalam rangka mewujudkan mahasiswa yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan memiliki karakter agar menjadi pribadi yang mandiri dan bertanggung jawab. Pembelajaran  berbasis soft skill dianggap penting karena sebagai bekal untuk mahasiswa agar mampu memanajeman diri dan respect dalam kehidupan sosial. Adapun transformasi nilai-nilai soft skill yang bisa diberikan oleh dosen bisa dilakukan dengan tiga cara yakni dengan lecturer role model, message of the week dan hidden curriculum.

Keywords

Desain pembelajaran, perguruan tinggi, hard skill, soft skill.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.