The Earth Day Every Day Project: Environmental Education as Hidden Curriculum in Language Learning

Erni Dewi Riyanti

Abstract

Pemanasan global merupakan salah satu isu yang paling sering dibahas dalam beberapa tahun terakhir. Berbagai upaya dilakukan untuk menghadapi kondisi alam ini, namun nampaknya adiwiyata (pendidikan tentang pelestarian lingkungan) menjadi solusi yang menjanjikan. Generasi masa kini diharapkan memiliki pengetahuan, ketrampilan, sikap, motivasi dan komitmen dalam bekerja dan dalam memecahkan masalah lingkungan tersebut, serta dapat mencegah kerusakan lingkungan yang lebih parah. Kurikulum tersembunyi menjadi salah satu alternatif dalam adiwiyata karena kurikulum ini menjanjikan hasil yang lebih nyata. Melalui kelas bahasa, kurikulum tersembunyi dalam ranah adiwiyata dapat berkontribusi pada promosi otonomi pembelajar dan kesadaran para siswa. Studi ini menjelaskan tentang penerapan adiwiyata dalam sebuah kurikulum tersembunyi di kelas bahasa yang disebut sebagai the Earth Day Every Day. Rencana pembelajaran yang dicantumkan dalam studi ini menekankan pada peran kurikulum tersembunyi itu sendiri, perannya sebagai sebuah cara menumbuhkan pembelajaran yang otonom, dan bentuk kolaborasinya dengan media dalam pembentukan sikap.

Keywords

environmental education, hidden curriculum, language learning

Refbacks

  • There are currently no refbacks.